Sabtu, 15 Desember 2012

DAMPAK MAKANAN 4 SEHAT 5 SEMPURNA PADA MAKANAN POKOK



LATAR BELAKANG

4 Sehat 5 Sempurna adalah terdiri dari berbagai unsur makanan yang biasa dikonsumsi orang setiap hari, yaitu :
1. Makanan PokokMakanan utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh untuk dapat mampu malakukan aktifitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, oat, kentang, gandum / tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya.
2. Lauk-PaukLauk pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Misalnya yaitu tempe, tahu, telur, daging, ikan, dan lain-lain.
3. Sayur-MayurSayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contoh : Kangkung, bayam, terong, tomat, cabe, kacang panjang, kol gepeng, labu siam, dan lain sebagainya.
4. BuahMirip dengan sayur mayur, buah-buahan pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Contohnya yakni apel, manggis, markisa, kesemek, salak pondoh, duren, dan lain sebagainya.
5. SusuSusu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengkonsumsi atau meminumnya. Namun tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.

PENGERTIAN MAKANAN SEHAT

Makanan sehat adalah makanan yang memiliki mengandung gizi yang seimbang,mengandung serat-serat dan zat-zat yang diperlukan tubuh untuh proses berkembang. Menu makanan sehat harus kayak unsure zat gizi seperti kabrohidat,protein,mineral dan vitamin. Dan lebih sering disebut 4 sehat 5 sempurna. Berikut label makanan yang mengandung 4 sehat 5 sempurna :
·        Karbohidrat : nasi ,gandum,singkom, dan lain-lain
·        Protein        : tahu,tempe,telu,daging
·        Mineral       : sayur-sayuran
·        Vitamin       : buah-buahan
Tujuan makanan sehat ini karena sehat bagi tubuh dan untuk menjaga agar badan kita tetap sehat,tumbuh, dan berkembang secara baik.

MANFAAT MAKANAN SEHAT

Manfaat makanan sehat untuk tubuh adalah makanan yang mengandung keseimbangan gizi yag sempurna yang dibutuhkan tubuh sehingga vitalis dan kesehatan tubuh terjaga. Dengan kesehatan tubuh yang baik maka manfaat makanan sehat pun terasa, aktivitas kitapun menjadi lacar dan kita pun akan terlindungi dari berbagai macam penyakit.

CARA MENJAGA KESEHATAN
Bagaimana cara menjaga kesehatan yang benar ? Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan ? Banyak orang kerap terjebak dalam pemikiran, untuk mendaptkan kualitas hidup yang baik tentu memerlukan biaya hidup yang tinggi. Padahal pemikiran itu bisa jadi kurang tepat.
Apa yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan ?
1. Selalu berpikir positif.
Tidak bisa dipungkiri, selalu berpikir positif akan membawa dampak positif dalam kehidupan juga kesehatan seseorang. Dalam hal ini tentu ada relevansinya dengan masalah sabar. Orang yang selalu sabar akan selalu kelihatan awet muda. Sebab orang sabar selalu mengedepankan pemikiran rasional positif. Selalu berpikir positif diiringi kesabaran sangat berpengaruh pada imunitas tubuh. Dengan demikian zat imunitas dalam tubuh terus meningkat sejalan dengan sikap hidup yang optimistis. Pola pikir positif akan meningkatkan sebuah energi serta membawa hal-hal yang baik dalam pola kehidupan yang lebih baik. Demikian juga sebaliknya jika selalu berfikiran negatif maka lebih cenderung melelahkan dan berpotensi menimbulkan sebuah kegagalan pada seseorang.
2. Menghindari gaya hidup tak sehat.
Menghindari kebiasaan buruk yang dapat merugikan kesehatan merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan. Kebiasaan ini berpotensi merusak diri pribadi bahkan sosial kemasyarakatan.
Hindari minuman beralkohol, merokok, sering bergadang, kurang istirahat dan tak pernah melakukan olah raga. Kebiasaan buruk diatas bisa meningkatkan resiko efek radikal bebaas dan membesar resiko munculnya penyakit degeneratif yang sering terjadi pada masyarakat kita sekarang seperti stroke, jantung, hipertensi, dan diabetes.
3. Jaga asupan pola makan seimbang.
Guna mempertahankan stamina dan kekebalan tubuh, dibutuhkan asupan nutrisi dan gizi yang seimbang. Artinya, dalam makanan sehari-hari yang kita konsumsi hendaknya dilengkapi zat gizi dan asupan kalori yang cukup sesuai kebutuhan tubuh dari aktivitas sehari-hari.
Selain kalori yang diasup tidak berlebihan, juga makanan sehari-hari sebaiknya mengandung at gizi sempurna, mulai dari protein, lemak,vitamin, mineral dan karbohidrat.
4. Lakukan olah raga secara teratur.
Olah raga yang teratur merupakan prinsip dasar dalam menjaga kesehatan sepenuhnya. Melalukan olah raga yang tepat kan mampu menjagi vitalitas tubuh serta mampu menjaga sirkulasi darah tetap lancar, sehingga metablisme tubuh bisa berjalan maksimal. Untuk itu persiapkan jadwal olah raga disela-sela rutinitas anda, minimal seminggu 2 kali selama 30 menit secara teratur. Walaupun sederhana cukup memberikan kontribusi dalam upaya menjaga kesehatan tubuh kita.
5. Selalu rajin beribadah.
Beribadah merupakan kebutuhan bagi manusia. Sebuah kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan rohani kita. Jika menganggap ibadah hanya salah satu kewajiban belaka maka tidak akan bisa menikmati manfaat dari sebuah hakekat spiritual ibadah itu sendiri. Sebagai seorang muslim sudah barang tentu dituntut untuk mejalankan ibadah yang benar sesuai tuntunan. Sholat
misalnya jika kita mengerjakan sholat dengan benar sudah pasti mendapatkan sebuah kedamaian rohani dan mendapatkan keuntungan kesehatan dari gerakan sholat yang benar tersebut.

PENUTUP

KESIMPULAN :

Hidup Dengan Pola Makan Sehat Untuk Kesehatan Tubuh Fisik Dan Mental


Sehat itu rasanya nikmat sekali dan sakit itu rasanya sangat menyengsarakan baik lahir maupun batin. Apa pun yang masuk ke dalam tubuh kita dapat memberikan manfaat dan juga dampak negatif pada kesehatan.

Di negara kita Indonesia banyak orang yang memiliki pola makan salah sehingga memicu berbagai penyakit dan gangguan pada jantung dan pembuluh darah yang disebut sebagai PJP (Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah). Bosan kita mendengar si A kena stroke, si B kena serangan jantung, si C kena diabetes / kencing manis, si D terkena darah tinggi, si E kena asam urat, dan lain-lain.

Bila anda tidak mau terkena penyakit macam-macam akibat kerakusan dan kebodohan anda sendiri dalam menentukan makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh anda, maka ubahlah pola makan anda menjadi pola makan yang baik dan benar.

Aturan / Peraturan Dasar Pola Makan Sehat :
1. Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang
2. Minum sebelum haus dan berhenti minum sebelum kembung
3. Makan makanan yang halal dan sehat
4. Makan dan minum sesuai kebutuhan gizi tubuh
5. Makan makanan berserat (sayur, buah, dsb)
6. Variasikan makanan dan minuman kita
7. Hindari makanan sampah / junk food
8. Mengukus, merebus dan menumis dengan sedikit minyak adalah baik.
9. Membakar, Memanggang, Menggoreng adlaah kurang baik

Beberapa Kandungan Makanan Yang Perlu Diwaspadai :
1. Gula
2. Garam
3. Lemak
4. Kolesterol
5. Zat Pengawet
6. Zat Aditif / Tambahan (pewarna, perasa, penguat rasa,pemanis, dll)
7. Soda
8. Kafein
9. Radikal Bebas
10. Alkohol
11. Minyak
12. Pestisida

Selain menerapkan pola makan sehat, perlu dipadukan dengan penerapan pola hidup sehat seperti istirahat yang cukup, olah raga yang teratur dan cukup, hindari kebiasaan buruk seperti merokok, penuhi kebutuhan rohani seperti rekreasi dan bersosial, dan lain sebagainya. 
Gizi seimbang adalah keseimbangan antara zat-zat penting yang terkandung di dalam makanan maupun minuman yang dikonsumsi oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Setiap orang harus makan makanan dan minum minuman yang mengandung tiga zat gizi utama yang cukup jumlahnya, baik zat tenaga, zat pembangun maupun zat pengatur. Tidak seimbang ataupun kurang asupan gizi akan dapat mempengaruhi tubuh seseorang.

1. Sumber Tenaga

Zat sumber pembangkit tenaga dalam tubuh bisa kita dapatkan dari padi-padian, tepung-tepungan, umbi-umbian, dan lain sebagainya. Berfungsi sebagai pemberi energi / tenaga untuk kegiatan hidup manusia.

2. Zat Pengatur

Zat pengatur dalam tubuh bisa kita dapatkan dari sayur-mayur dan buah-buahan. Fungsi utama dari zat pembangun adalah untuk memberi tubuh perlindungan maksimal terhadap serangan penyakit.

3 Zat Pembangun

Zat pembangun di dalam tubuh bisa kita dapatkan dari protein hewani dan nabati seperti kacang-kacangan, susu, keyu, yoghurt, dan lain-lain. Zat pembangun sangat berguna untuk meregenerasi sel-sel yang mati agar bisa berganti dengan yang baru.

Karena prinsip gizi seimbang didasarkan pada kebutuhan zat gizi yang berbeda menurut kelompok umur, status kesehatan, dan jenis aktivitas, maka satu macam TGS tidak cukup. Diperlukan beberapa macam TGS untuk ibu hamil dan menyusui, bayi dan balita, remaja, dewasa, dan usia lanjut. Buku ini akan menguraikan pengertian dan empat prinsip dari Gizi Seimbang yang disesuaikan dengan kebutuhan berbagai kelompok tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar