Jumat, 02 Mei 2014

ES POCONG


Pitria Juliani R                45212673
Merryta Elsa R                
Vilianti S                         47212591
Syarifah F                      47212262
Dwi Seftyas                    42212308
Hendra S                        43210206


Laporan Survey
BAB 1
PENDAHULUAN
Latar Belakang          Di zaman ini keaadaan perekonomian sudah semakin sulit. Banyak sekali persaingan usaha di berbagai bidang dalam kehidupan masyarakat. Termasuk berwirausaha yang sekarang menjadi perbincangan dan banyak digeluti. Banyak yang berlomba untuk mendapatkan keuntungan pasar sehingga memicu para wirausahawan untuk terus maju dalam usahanya.
          Dalam berwirausaha para wirausahawan berbisnis tidak mesti harus besar akan tetapi usaha kecil menengah (UKM) sudah mampu mengurangi jumlah pengangguran. Contohnya dalam bidang kuliner sebagai suatu kebutuhan primer yang banyak digemari oleh setiap orang. Salah satu makanan yang menjadi usahanya kini adalah ES POCONG. Sudah terkenal di lokasi depok, tepatnya di JL. Margonda Raya No. 519
Menurut hasil pengamatan yang kita survey kemarin banyaknya konsumen yang sangat menyukai atau menggemari berbagai hal siap saji.
Rumusan MasalahSeperti apakah profil UKM “Es Pocong” ?
Rumusan TujuanMengetahui profil UKM “Es Pocong”
TujuanUntuk memenuhi tugas softskill dan menajemen keuangan dapat mengetahui modal apa yang harus pengelola miliki untuk dapat mendirikan usaha tersebut.
ManfaatDengan observasi ini kita mendapatkan manfaat seperti penjelasan dari pengelola usaha minuman yaituEs Pocong serta mendapatkan pengalaman baru apabila ingin melakukan usaha.
BAB II 
METODE OBSERVASI
LokasiKita melakukan observasi ini adalah di daerah Depok,Jln Margonda Raya No. 519 karena kita juga kuliah di Universitas Gunadarma. Lokasi ini dipilih agar lebih mudah dalam pelaksanaanya.
Metode pengumpulan dataKita mengumpulkan data dengan cara wawancara secara langsung dengan salah satu pengelolanya karena pada saat kita survey ke lokasi, owner dari salah satu itu sendiri tidak sedang ditempat. Kita sudah mempersiapkan beberapa pertanyaan , kemudian mencatat pertanyaan dari pengelola usaha ini.
Analisis dataProses analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari hasil wawancara. Kemudian kita membuat rangkuman untuk menyusun laporan. Berdasarkan kenyataan atau sebenarnya dan data sesuai dengan jenisnya.

BAB III
PEMBAHASAN
Profil usahaUsaha ini didirikan oleh 3 orang owners yaitu Bpk Rahmat ,Bpk Hakim, Bpk Haris dan keluarga 8 tahun yang lalu,tepatnya 19 juni 2006. Lokasi usaha (jl margonda raya no 519 kota depok). Letak yang sangat strategis yang biasa orang lewatin karena berada dipinggiran jalan atau arah ke stasiun UI tepatnya, yang dulunya masih berbentuk kedai pada awal buka tetapi karena sudah mulai berkembang Es Pocong ini membuka cabang di daerah Jati Asih.
Pendidikan Bpk Rahmat : film IKJ, Bpk Hakim jurnalis ISIP, Bpk Haris Poltek UI.
untuk membangun usaha ini menggunakan sumber modal sendiri dan pinjaman dari bank. Saat ini omzet perbulan 100 jt/bulan, harian 3jt, weekend 5jt.
jenis usaha : makanan/ minuman (cafe).
BAB IV
PENUTUP
KESIMPULANDari survey yang kami lakukan, pengusaha UKM Es Pocong ternyata memiliki penghasilan yang tinggi dan dapat menciptakan lapangan kerja.


SARANUsaha ini memiliki prospek yang sangat bagus sejauh ini, “tanpa basic pun kita bisa menjadi pengusaha asalkan kita konsekuen”. Jadi mengapa tidak atau sebaiknya kepada pengusaha untuk membuka lapak baru agar mangsa pasar lebih luas.